Minggu, 04 September 2016

Perbedaan 32-bit dan 64-bit

Mungkin banyak orang belum mengetahui mengenai sistem berbasis 32-bit dan 64-bit. Pada komputer atau laptop Anda yang menggunakan sistem operasi Windows tentu menggunakan antara 32-bit dan 64-bit. Pada umumnya basis-32 bit dan 64-bit memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Namun masih banyak orang bingung mengenai perbedaan keduanya. Terkadang ketika membeli laptop, orang belum mengetahui apa yang pantas digunakan untuk sistem operasi 32 bit atau 64 bit tentunya untuk pengguna Windows.

Untuk 32-bit tidak berlaku untuk pengguna Apple, karena perangkat besutan Apple seperti iPhone maupun Mac, sudah menggunakan 64-bit. Hal ini tentu harus Anda pahami perbedaan 32-bit dan 64-bit, lalu apa yang membedakan keduanya? Untuk mengetahuinya, berikut adalah pembahasan yang dapat Anda baca agar mengetahui perbedaan kedua basis yang sering digunakan pada sistem operasi Windows.

Pengertian 32-bit dan 64-bit

Sistem operasi 32-bit merupakan suatu arsitektur pada prosesor komputer yang memiliki register yang berukuran sebesar 32-bit. Sedangkan untuk 64-bit adalah suatu arsitektur pada prosesor yang memiliki register dengan ukuran 64-bit.

Pemrosesan data

Perbedaan 32-bit dan 64-bit terletak pada pemrosesan data yang ada pada CPU. Jika pada komputer yang menggunakan sistem operasi 32-bit, maka data yang diproses dalam sekali siklus pemrosesan hanya sebesar 32-bit saja. Sedangkan untuk komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi seperti Windows 64-bit, maka pemrosesan data yang dilakukan dalam waktu sekali hanya proses dengan memuat jumlah data sebesar 64-bit. Dengan begitu perintah pemrosesan pada Windows 64-bit dapat memuat lebih banyak data ketimbang yang terjadi pada Windows 32-bit.

Beberapa aplikasi yang membutuhkan algoritma perhitungan tinggi, seperti rendering 3D akan berjalan lebih optimal pada sistem 64-bit. Begitu pula program enkripsi juga lebih optimal berjalan di sistem 64-bit.

Dukungan RAM

Perbedaan lainnya adalah batasan RAM yang dapat didukung/dibaca oleh sistem. Jika 32-bit hanya bisa terbaca sampai 4 GB, maka 64-bit bisa membaca sampai 192 GB. Hal ini jelas keuntungan bagi para pengguna komputer ber-RAM besar.

Segi keamanan

Perbedaan lainnya adalah segi keamanan, dimana terdapat fitur PatchGuard yang mencegah adanya malware yang masuk ke kernel. Fitur keamanan lainnya yaitu ASLR yang mencegah sistem dari peretasan, kemudian Mandatory Driver Signing yang mencegah adanya driver yang tidak terdaftar terinstal pada sistem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar