Minggu, 04 September 2016

Pengertian SUDO Linux

Sudo adalah program yang terdapat di keluarga UNIX yang digunakan untuk menjalankan perintah yang membutuhkan akses akun root. Sudo hanya dapat dipakai oleh user yang sudah terdaftar di file /etc/sudoers. Pada saat dijalankan, sudo akan meminta password user yang menjalankan sudo tersebut, tetapi bisa juga tanpa password atau meminta password root. Secara default password yang dimasukkan tadi akan disimpan dan user tidak perlu lagi susah-susah memasukkan password jika ingin menggunakan sudo.

Kenapa menggunakan sudo?

Di keluarga Unix ada super user, bernama root. Super user ini dapat melakukan apapun terhadap sistem. Melakukan pekerjaan umum dengan menggunakan akun root ini mempunyai resiko yang berbahaya karena jika salah mengetikkan maka akan dapat merusak sistem. Baiknya untuk pekerjaan umum kita menggunakan akun biasa dan menggunakan akun root jika memang sangat diperlukan. Untuk itu sudo diciptakan agar akun biasa dapat menjalankan perintah yang membutuhkan akses dari akun root tanpa harus login lagi dengan akun root. Sudo juga mencatat setiap perintah yang dijalankan dengan menggunakan sudo dan menyimpannya di file /var/log/auth.log. Ini memudahkan kita untuk melakukan track back suatu saat nanti.
Contoh perintah Sudo adalah sudo apt-get install <package> yang digunakan untuk menginstall utilitas atau fitur baru pada sebuah komputer berbasis Linux.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar